Tips Membeli Laptop Bekas Yang Murah, Berkualitas, Barang Masih Bagus

Laptop/notebook sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan utama bagi setiap masyarakat dunia. Pasalnya, setiap kegiatan yang kita lakukan mulai dari pekerjaan dan lain-lain semuanya hampir dilakukan menggunakan teknologi ini. Oleh karena itu, tips dan cara memilih laptop yang berkualitas merupakan hal yang patut diketahui.

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Murah, Berkualitas, Barang Masih Bagus

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa memilih dan membeli sebuah laptop/notebook hanya dilihat dari merk saja tanpa memperhatikan spesifikasi dari laptop itu sendiri. Hal ini tentu bukan merupakan pilihan bijak karena setiap laptop/notebook yang dijual di pasaran mempunyai spesifikasi khusus tersendiri. Spesifikasi serta fitur-fitur yang dimiliki oleh laptop tersebut tentu berbanding lurus dengan harga laptop yang ditawarkan. Sehingga dari hal ini, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli laptop second (bekas) namun tetap mempertahankan spesifikasinya yang berkualitas. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih dan membeli laptop bekas yang berkualitas.


Perhatikan Penampilan Luar Laptop Pilihan Anda

Hal pertama yang patut anda perhatikan sebelum membeli laptop bekas adalah dengan melihat bagian luar atau kondisi fisik dari laptop itu sendiri. Bagian luar yang terlihat kotor dan penuh goresan tentu menandakan bahwa pemilik sebelumnya tidak merawat laptop bekas tersebut dengan baik. Memang melihat dari bagian luarnya saja tidak dapat memastikan kondisi internal laptop bekas ini secara sempurna. Namun, dari kondisi fisik luar ini kita sudah dapat memastikan apakah perawatan laptop bekas ini berjalan baik atau tidak.


Pengecekan Performa Laptop Bekas

Bila pengecekan kondisi luar sudah dilakukan, selanjutnya adalah pengecekan performa dan fungsi dari laptop bekas pilihan anda. Anda dapat mencoba menyalakan laptop bekas tersebut serta memeriksa apakah performa laptop tersebut sudah berjalan baik. Pengecekan juga dapat dilakukan dengan memeriksa kelancaran fungsi port-port seperti port USB dan lainnya.


Pengecekan Performa Baterai

Poin ketiga yang harus diperhatikan adalah pengecekan terhadap performa baterai laptop bekas. Nyalakan laptop bekas tersebut selama 10-15 menit dan lakukan pengecekan apakah daya baterai berkurang sangat cepat atau tidak. Daya baterai yang berkurang sangat cepat dalam jangka waktu sependek itu akan menurunkan kualitas laptop bekas tersebut.


Pengecekan Harga Pasar Laptop Pilihan

Sebelum memilih dan membeli laptop bekas pilihan, sebaiknya lakukan pengecekan harga pasar terlebih dahulu untuk menghindari dari penipuan. Harga laptop bekas yang biasanya dijual di pasaran biasanya akan turun sekitar 20-40% dari harga laptop baru.


Pengecekan Garansi

Laptop bekas yang masih memiliki garansi akan meningkatkan kualitas laptop tersebut. Alasannya, laptop bekas yang masih memiliki garansi menandakan bahwa penggunaan laptop tersebut oleh pemilik sebelumnya tidaklah terlalu lama. Sehingga dari hal ini peluang kerusakan internal laptop akan minim.


Alternatif Lain

Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak salah satu kerabat atau teman anda yang memang memiliki pengetahuan di bidang teknologi komputer untuk membantu pengecekan kondisi laptop bekas yang hendak anda pilih.

Tidak ada komentar untuk "Tips Membeli Laptop Bekas Yang Murah, Berkualitas, Barang Masih Bagus"