Membuat Desain Infografis Dengan Software SmartDraw

Infografis, pada dasarnya, yaitu informasi yang disajikan dalam bentuk tampilan visual yang manis dipandang mata. Infografis biasa digunakan oleh para desainer grafis untuk menyampaikan informasi. Nah, kita pun dapat juga menggunakannya. Misalnya, kita dapat menggunakan infografis untuk menyampaikan informasi secara lebih sistematis saat berpresentasi. Ataupun, menggunakan infografis untuk merangkum informasi dalam tulisan kita. Bila kita mengajukan proposal, infografis pun dapat juga kita sisipkan pada beberapa halaman. Gambar berikut beberapa contoh infografis.

Membuat Desain Infografis Dengan Software SmartDraw

Nah, bila kita ingin membuat infografis, kita dapat menggunakan software SmartDraw. Software ini menyediakan beragam template infografis siap pakai. Karenanya, memudahkan kita untuk membuatnya. Kita pun tak perlu membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Versi trial software ini dapat kita unduh di situs smartdraw.com. Hanya saja, agar software ini dapat kita gunakan, komputer mesti on-line. Sebabnya, saat software ini dijalankan, software ini men-download berbagai desain dan berbagai elemen desain.


Setelah membuka software ini, kita akan disuguhkan berbagai template. Karena kita akan membuat infografis, pilihlah menu template infografis. Lalu, akan muncul beberapa pilihan karakteristik infografis. Pilihlah karakteristik infografis yang sesuai dengan informasi yang ingin kita sampaikan. Misalnya, bila kita akan membuat infografis,suatu langkah kerja, pilihlah menu Steps.


Setelah kita mengklik salah satu template infografis yang terdapat di sebelah kanan layar, akan muncul layar editor. Layar editor ini dirancang untuk meng-edit infografis. Pada editor ini, kita dapat menambahkan teks, menambahkan bentuk, menambahkan ikon, menambahkan gambar, menambahkan foto, dan sebagainya yang membuat infografis semakin lebih terlihat menarik dan komunikatif.


Setelah selesai membuat infografis yang menarik dan komunikatif, kita save infografis karya kita. Lalu, kita ekspor menjadi file JPG. File JPG dapat kita lampirkan pada halaman tulisan. Bila kita ingin menyisipkan infografis karya kita pada slide presentasi, kita dapat meng-ekspornya menjadi file JPG. Lalu, kita insert File JPG infografis tersebut pada slide presentasi yang sudah kita buat sebelumnya.

Baca: Mencegah Kerusakan Engsel laptop

Nah, apakah tertarik berkreasi membuat infografis yang unik dan menarik? Dengan menyisipkan infografis, baik pada tulisan ataupun slide presentasi, tulisan ataupun slide presentasi akan berkesan lebih atraktif dan juga lebih profesional. Para pembaca tulisan pun kita akan semakin antusias menyimak tulisan. Begitu bila kita menyisipkan infografis pada slide presentasi, para audiens akan semakin antusias dan juga lebih fokus menyimak pemaparan kita saat kita berpresentasi. Bila tertarik berkreasi membuat infografis, selamat berkreasi membuat infografis yang unik dan menarik.

Tidak ada komentar untuk "Membuat Desain Infografis Dengan Software SmartDraw"