Tips dan Trik Mencegah Kerusakan Engsel Laptop

Engsel, yang menyatukan layar dengan CPU laptop, menjadi salah satu bagian laptop yang sebenarnya rentan mengalami kerusakan. Beberapa contoh kerusakan engsel diantaranya engsel longgar, engsel patah, ataupun engsel tak mampu menahan layar. Sebagai informasi, kerusakan pada engsel termasuk salah satu kerusakan yang umumnya terjadi pada laptop. Nah, untuk lebih mencegah kerusakan engsel laptop, bagaimana caranya? Berikut tips-tips mencegah kerusakan engsel laptop.


Bila Layar Sulit, Macet ataupun Lebih Keras Saat Dibuka ataupun Ditutup, Segera Lumasi Engsel

Mencegah Kerusakan Engsel Laptop


Ada saatnya layar sulit, macet, ataupun terasa lebih keras saat dibuka. Terlebih, bila laptop telah digunakan selama bertahun-tahun. Nah, bila kita mengalami hal ini, apa yang sebaiknya kita lakukan? Untuk mencegah kerusakan engsel laptop, segera lumasi engsel. Bila kita memaksakan membuka layar laptop, berisiko menyebabkan kerusakan engsel seperti engsel patah ataupun engsel longgar. Nah, agar memudahkan kita melumasi bagian dalam engsel, gunakan kuas berukuran kecil. Terkait jenis minyak pelumas, kita dapat menggunakan pelumas apapun, misalnya pelumas mesin mobil. Akan tetapi, pilihlah minyak pelumas yang tak terlalu kental agar masuk ke sela-sela bagian dalam engsel.


Melumasi Engsel Laptop

Hindari Laptop Mengalami Benturan ‘Ringan’

Bila laptop mengalami benturan ringan, berisiko mengakibatkan kerusakan laptop. Salah satunya yaitu kerusakan engsel. Karenanya, kita mesti berhati-hati agar laptop tak mengalaminya saat kita bepergian membawa laptop. Nah, untuk lebih mencegah laptop mengalami benturan saat bepergian membawa laptop, tak ada salahnya membeli tas khusus laptop. Kita dapat memasukkan laptop ke dalam tas khusus laptop saat bepergian.


Saat akan Membuka Layar, Ambil Posisi Atas Tengah Layar untuk Membuka

Cara membuka layar pun mempengaruhi keawetan engsel. Lalu, bagaimana sebaiknya cara membuka layar? Ambil posisi tengah layar saat membukanya. Bila kita membuka layar dari posisi bagian samping layar, berisiko menyebabkan kerusakan engsel. Sebabnya, engsel terdekat akan sangat terbebani menahan berat layar saat layar dibuka. Nah, untuk mencegah kerusakan engsel, sebaiknya ambil posisi tengah layar untuk membukanya.


Saat akan Menutup Layar, Pegang Bagian Tengah Atas Layar Lalu, Kita Dapat Menutupnya.

Cara menutup layar pun berpengaruh keawetan engsel. Lalu, bagaimana sebaiknya cara menutup layar untuk mencegah kerusakan engsel? Saat akan menutupnya, pegang bagian tengah atas layar. Setelahnya, kita dapat menutup layar. Bila kita menutup laptop dengan menekan salah satu sisi laptop, misalnya sisi kanan layar, berisiko menyebabkan kerusakan engsel. Sebabnya, engsel terdekat sangat terbebani menahan tekanan.

Demikian, tips-tips mencegah kerusakan engsel laptop. Dengan mencegah kerusakan engsel laptop, sangat menghemat isi kantong. Sebabnya, bila terdapat kerusakan engsel, biasanya kita mesti mengeluarkan biaya besar untuk membayar jasa service mereparasinya.Selamat merawat engsel laptop...

Tidak ada komentar untuk "Tips dan Trik Mencegah Kerusakan Engsel Laptop"