7 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

7 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan - Aktifitas olahraga baik untuk kesehatan, keliru satunya adalah renang. Menggeluti olahraga renang menyimpan bervariasi manfaat yang jarang diketahui masyarakat awam. Berikut ini manfaat olahraga renang untuk kesegaran tubuh.

Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

Resiko diabetes menurun

Berenang bakal membakar banyak kalori. Berdasarkan penelitian, berenang style dada sepanjang 30 menit dalam 3 kali seminggu bakal membakar 900 kalori dan menurunkan 10% dampak terkena diabetes tipe 2. Bagi penderita diabetes tipe 1, olahraga renang bakal menolong peningkatan sensitivitas insulin. Penderita diabetes dianjurkan berenang sebanyak 150 menit per minggu.


Menyeimbangkan kolesterol

Olahraga renang bakal menyeimbangkan kandungan kolesterol. Dalam dunia kedokteran, kolesterol terbagi dua yakni: kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Keseimbangan kolesterol bakal menurunkan dampak 3,5% serangan penyakit jantung.


Menurunkan gejala asma

Salah satu manfaat olahraga renang untuk kesegaran adalah menanggulangi beberapa gejala asma. Berbeda berasal dari tipe olahraga lain, berenang dipastikan aman bagi penderita asma sebab bakal tingkatkan kapabilitas bernafas supaya gejala-gejala asma berangsur-angsur menurun. Berdasarkan hasil studi para ahli, berenang bakal mengajarkan tehnik bernapas yang baik dan tingkatkan volume paru-paru.


Pengendali berat badan

Renang dikenal sebagai keliru satu tipe olahraga pembakar kalori terbesar dan dianjurkan bagi mereka yang inginkan melindungi berat badan selalu ideal. Berdasarkan hasil penelitian berenang sepanjang 10 menit, style dada membakar 60 kalori, style punggung membakar 80 kalori, style bebas membakar 100 kalori dan style kupu-kupu bakal membakar 150 kalori.


Jantung sehat

Berenang bakal menguatkan jantung, tak cuma membuatnya membesar tapi lebih efisien dalam memompa supaya memperlancar aliran darah ke semua tubuh. Berdasarkan hasil studi, renang 30 menit tiap-tiap hari bakal mengurangi dampak 30-40% penyakit jantung koroner. Studi lain menyatakan olahraga renang secara tertata bakal mengurangi tekanan darah. Inilah manfaat olahraga renang untuk kesegaran jantung.


Mengusir stres

Olahraga renang ternyata dapat tingkatkan keadaan hati alias mood dan mengusir stres. Berdasarkan penelitian, berenang bakal mengeluarkan senyawa endorfin di dalam tubuh yang erat kaitannya bersama mood yang menyenangkan. Berenang berikan sensasi santai, serupa halnya seperti yoga yang mana otot-otot tubuh bakal mulai rileks.


Meningkatkan kapabilitas otot

Bila dibandingkan latihan erobik lainnya, olahraga renang merupakan pilihan pas untuk melatih dan menguatkan otot. Setiap gerakan tangan, kaki dan badan di dalam air merupakan bagian dalam pelatihan pembentukan dan juga penguatan otot. Selain itu, olahraga ini bakal tingkatkan kapabilitas tulang supaya jadi pilihan olahraga sempurna bagi wanita pasca menopause.


Jadi, ada tujuh manfaat olahraga renang untuk kesegaran tubuh. Luangkan pas seminggu tiga kali bersama total durasi 150 menit, entah itu berenang di pantai, sungai dan kolam renang demi peningkatan mutu kesegaran yang lebih baik. 

Tidak ada komentar untuk "7 Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan"