Kelebihan Macro Excel atau Visual Basic for Application (VBA)

Macro biasanya dikenal dengan istilah Visual Basic for Application (VBA), yang merupakan bahasa pemrograman yang ada dalam aplikasi excel. Jadi dalam setiap aplikasi excel, sudah terpasang tools untuk mengaktifkan atau menulis kode programnya. User hanya perlu menjalankan atau membuka Excel terlebih dahulu untuk kemudian menggunakannya.


Dengan aplikasi ini user dapat dengan fleksibel membuat aplikasi-aplikasi sederhana yang tentunya dapat menambah nilai si penggunanya.

Nilai apa saja yang didapat, berikut keuntungan dan keunggulan Macro Excel :


Terjaminnya Akurasi Data,

Dalam aplikasi nya Macro Excel dapat membaca satu perintah dan dilakukan secara berulang-ulang. Dalam artian kita hanya menuliskan satu fungsi dan kemudian fungsi tersebut dapat di gunakan berkali-kali. Ini tentunya akan mengurangi tingkat kesalahan dalam perhitungan. Sehingga pekerjaan manual dapat diminimalisir.


Efisiensi Waktu Pengerjaan

Dengan penjelasan point 1 di atas, tentunya akan menambah kecepatan Proses kita dalam bekerja, karena menghemat waktu dan tenaga. Istilahnya pekerjaan yang banyak dapat diselesaikan dengan satu kode program.


Database excel dapat distrukturisasi

Selain dua keunggulan di atas, secara umum data di excel dapat distrukturkan sesuai dengan kebutuhan kita. Saya pribadi awalnya bingung menggunakan aplikasi ini, namun ternyata program excel macro dapat dipelajari dengan logika-logika sederhana saja.


Tidak ada komentar untuk "Kelebihan Macro Excel atau Visual Basic for Application (VBA)"